Uni Eropa Pastikan Facebook Cs Akan Dipajaki meski AS Tak Setuju

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 22:06 WIB
Uni Eropa Pastikan Facebook Cs Akan Dipajaki meski AS Tak Setuju

Komisioner Uni Eropa untuk Pasar Internal, Thierry Breton. (Foto: AFP)

BRUSSELS, iNews.id - Uni Eropa (UE) memastikan pajak digital akan diterapkan pada perusahaan-perusahaan teknologi meski AS tak setuju. Saat ini, negara-negara di bawah OECD tengah mencari konsensus soal pajak digital.

Komisioner Uni Eropa untuk Pasar Internal, Thierry Breton mengatakan, negara-negara Eropa tetap mengedepankan konsensus global soal pajak digital. Batas waktu konsensus telah disepakati akhir tahun ini.

Pada pekan ini, AS tiba-tiba mengundurkan diri dari meja perundingan. Bretton mengatakan, AS akan tetap diterima jika ingin kembali ke meja perundingan pada Oktober, November, bahkan Desember.

"Yang jelas nanti pada akhir Desember, apakah akan ada kesepakatan yang tercipta di OECD atau tidak, kami tetap menerapkannya meski tidak tercapai kesepakatan," kata Bretton, dilansir Bloomberg, Sabtu (20/6/2020).

Pada Rabu (17/6/2020), AS mengundurkan diri dari perundingan panjang yang telah lama dilakukan di OECD. AS mengancam akan balas dendam kepada negara manapun yang menerapkan pajak digital terhadap perusahaan-perusahaan Amerika seperti Facebook, Google, dan lain-lain.

Editor : Rahmat Fiansyah