Wapres Ma'ruf Amin Berharap Muslim Center of Excellence Dukung Industri Halal Nasional

Michelle Natalia ยท Kamis, 08 April 2021 - 16:45:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Berharap Muslim Center of Excellence Dukung Industri Halal Nasional
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komite Nasional Keuangan Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Unilever Indonesia meluncurkan Muslim Center of Excellence (MCoE). Kehadiran pusat riset itu diharapkan bisa mendukung industri halal di Tanah Air.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pengembangan ekonomi syariah memerlukan pusat riset dan kerja sama untuk pengembangan produk lokal demi memenuhi kebutuhan pasar halal dunia.

“Inisiatif Unilever Global untuk menjadikan Indonesia sebagai Muslim Center of Excellence merupakan inisiatif yang luar biasa. Hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan produk halal, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan pasar global Unilever di seluruh Indonesia,” katanya dalam Peluncuran MCoE di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Dia menguraikan beberapa rencana kerja yang akan dilakukan MCoE, di antaranya kolaborasi dengan civitas academica dan lembaga riset untuk menghasilkan inovasi dan produk yang dibutuhkan konsumen muslim dunia. Selain itu, pengembangan dan akselerasi pemberdayaan UMKM yang belum lama ini menghadapi dampak berat akibat pandemi Covid-19.

“Melalui sinergi berbagai program seperti kemitraan dengan lembaga, instansi dan asosiasi strategis sektoral lainnya, Unilever Muslim Center of Excellence ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian  dari global value chain (rantai nilai global) khususnya produk-produk Unilever global,” kata Wapres.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2