Wujudkan Rasa Aman dan Nyaman Manfaatkan Pinjaman Online dengan 6 Tips Berikut Ini

syarif wibowo ยท Jumat, 26 November 2021 - 11:14:00 WIB
Wujudkan Rasa Aman dan Nyaman Manfaatkan Pinjaman Online dengan 6 Tips Berikut Ini
Ilustrasi pinjaman online. (Dok: Okezone)

JAKARTA, iNews.id-Layanan pinjam uang secara online, atau lebih populer dikenal sebagai pinjaman online, akhir-akhir ini kian digandrungi oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Layanan keuangan berbasis digital tersebut tak pernah gagal menyediakan produk pinjaman yang bisa diajukan kapan saja dan di mana saja dibutuhkan, tanpa syarat maupun proses pengajuan yang menyulitkan. 

Tanpa jaminan atau agunan, juga tak memerlukan kartu kredit, siapa saja bisa mendapatkan bantuan dana secara cepat dan praktis melalui pinjaman online untuk atasi masalah finansial mendesak. Karenanya, tak mengherankan jika produk pinjaman digital tersebut begitu cepat naik daun dan ramai dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan bantuan finansial. 

Hanya saja, Anda perlu menyikapi pinjaman online dengan cara yang benar agar penggunaannya tak sampai berimbas buruk pada finansial. Agar lebih aman dan nyaman memanfaatkannya, 6 tips menggunakan pinjaman online berikut ini layak untuk disimak. 

Ajukan di Layanan atau Fintech yang Resmi Saja
Di antara banyaknya layanan pinjaman uang online yang bisa Anda ajukan, hanya sedikit saja yang terdaftar di OJK dan aman untuk digunakan. Oleh karena itu, jangan asal mengajukan pinjaman online pada layanan yang tak terbukti legalitas dan kredibilitasnya. 

Sebagai pengawas aktivitas jasa keuangan di Indonesia, syarat fintech atau layanan pinjaman online terdaftar di OJK tidak boleh diganggu gugat. Karena itu merupakan salah satu ciri utama dari lembaga finansial resmi yang beroperasi di Indonesia. Dengan memastikan layanannya terdaftar di OJK, artinya segala ketentuan dan kebijakan kreditnya telah sesuai dengan regulasi yang berlaku, termasuk, tingkat bunga maksimal 24 persen per bulan, metode penagihan manusiawi, dan sebagainya. 

Pilih yang Berikan Bunga Paling Terjangkau
Seperti yang sempat disinggung sedikit sebelumnya, tingkat bunga maksimal yang boleh diberikan oleh layanan pinjaman online yang resmi adalah 24 persen per bulan atau setara 0,8 persen per hari. Angka ini sudah berdasarkan keputusan OJK dan AFPI.

Artinya, tak sedikit penyedia layanan tersebut yang berikan fasilitas kredit dengan tingkat bunga lebih rendah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membandingkan tingkat bunga yang ditawarkan oleh sejumlah pinjaman online dan pilih yang paling terjangkau. Dengan begitu, nominal cicilan yang harus Anda bayarkan nantinya menjadi lebih rendah dan tak terlalu membebani finansial. 

Perhatikan Tanggal Jatuh Temponya
Saat pengajuan pinjaman online telah disetujui dan dananya sudah berada di tangan, pastikan untuk mengingat kapan tanggal jatuh temponya. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tak lupa melunasi cicilan pinjaman online hingga berakhir terbebani dengan denda keterlambatan ataupun sanksi lainnya. Mencatat deadline pembayaran cicilan utang ini wajib untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 tanggungan kredit sekaligus.  

Catat Nominal Dana yang Dipinjam
Selain memperhatikan waktu jatuh tempo pinjaman online, jangan lupa pula untuk mencatat nominal uang yang dipinjam. Kenapa hal ini penting untuk dilakukan? Tujuannya agar Anda bisa memantau berapa kali lagi pembayaran cicilan harus dilakukan dan sisa tagihan yang perlu dilunasi. 

Dengan begitu, jika memiliki penghasilan tambahan dan nominalnya cukup untuk menuntaskan tanggungan kredit tersebut, Anda bisa langsung melakukannya agar segera terbebas dari belenggu utang. Sederhana saja, nominal dana yang dipinjam atau tagihan per bulan bisa dicatat pada sticky note lalu menempelkannya di tempat yang mudah dijangkau atau dilihat agar lebih praktis untuk mengingatnya. 

Prioritaskan Keuangan untuk Lunasi Cicilannya
Karena memiliki tanggungan berupa pinjaman, sudah seharusnya Anda memprioritaskan keuangan untuk melunasinya agar tak terlambat. Saat gaji berada di tangan, langsung sisihkan dana untuk membayar cicilan pinjaman online dan membayarkannya. 

Jangan pernah tergiur untuk menunda pembayarannya, apalagi mengutak-atik dana melunasi cicilan pinjaman online tersebut untuk memenuhi kebutuhan lain yang tak mendesak. Sebab, kalau sampai Anda tak lagi memiliki uang untuk membayar tagihan pinjol, ada sejumlah konsekuensi yang harus siap dihadapi, seperti, denda keterlambatan dan skor kredit menurun. 

Jangan Pernah Terlambat Membayar Tagihan
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jangan pernah terlambat membayar tagihan pinjaman online, apa pun itu alasannya. Jika tenggat waktu pembayaran adalah tanggal 1 setiap bulan, maka usahakan untuk melunasi cicilan pinjol sebelum tanggal tersebut. Kalau sampai terlambat, selain harus menghadapi penagih utang, Anda juga akan dibebani dengan bunga tambahan serta denda keterlambatan yang pastinya membebani finansial.

Jangan Sampai Merugi Karena Tak Cermat Manfaatkan Pinjaman Online

Dengan syarat yang mudah dan proses pengajuan simpel, pinjaman online mampu menjadi solusi praktis untuk mengatasi masalah keuangan mendesak. Hanya saja, selayaknya produk kredit lainnya, pinjaman online tetap perlu dimanfaatkan dengan cara yang tepat agar risiko buruknya bisa dihindari. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti tips-tips di atas agar pemakaian pinjaman online bisa lebih aman dan nyaman tanpa risiko. CM

Editor : Syarif Wibowo

Bagikan Artikel: