Yuk, Intip Kecanggihan Instalasi Pemurnian Air dari Korsel yang Bakal Dibangun di IKN Nusantara

Iqbal Dwi Purnama ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 09:07:00 WIB
 Yuk, Intip Kecanggihan Instalasi Pemurnian Air dari Korsel yang Bakal Dibangun di IKN Nusantara
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kedua kanan) mengunjungi Instalasi Pemurnian Air (IPA) Hwaseong, saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Korea Selatan (Korsel), Kamis (28/7/2022). (Foto: dok Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan Instalasi Pemurnian Air (IPA) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dibangun investor dari Korea Selatan (Korsel). 

Rencananya tahap awal IPA di IKN Nusantara akan mulai dibangun pada 2023, dengan kapasitas 600 liter/detik. Dari kapasitas tersebut, sekitar 300 liter/detik bakal dibangun Korsel, dan sianya dibiayai APBN.

Saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Korsel, Menteri PUPR menyempatkan diri berkunjung ke IPA atau Water Purification Plant di Hwaseong.

"Sumber airnya dari bendungan yang bersih, dialirkan ke IPA, dilakukan proses proses pengolahan konvensional (koagulasi, flokulasi, sedimentasi dan filtrasi dengan karbon aktif) dan pengolahan akhirnya dilakukan dengan metoda ozonisasi,” kata Menteri Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (28/7/2022).

Dia menjelaskan, Instalasi Pemurnian Air Hwaseong merupakan unit produksi pengolahan air pertama yang dikelola secara pintar untuk sistem penyediaan air minum kota metropolitan. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda