6 Tips Kumpulkan Dana Pensiun dengan Mudah

Michelle Natalia ยท Sabtu, 28 November 2020 - 17:34:00 WIB
6 Tips Kumpulkan Dana Pensiun dengan Mudah
Uang. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Idealnya, seseorang di usia 40-an tahun sudah aktif mengumpulkan dana pensiun. Namun, apa yang terjadi jika di usia tersebut dia sama sekali belum mulai mengumpulkannya? Apakah masa tuanya suram?

Biaya hidup di masa tua tentu tidak murah. Hal itu disebabkan karena adanya inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa. Tanpa ketersediaan dana pensiun yang cukup, maka besar kemungkinan seseorang akan terus bekerja di masa tua atau hingga akhir hayatnya.

Di masa pensiun, seseorang sejatinya wajib memiliki dana pensiun yang bisa mencukupi kebutuhannya hingga tiba ajal menjemput. Dana pensiun bisa saja cukup hingga tutup usia atau tersisa hingga akhirnya diwariskan kepada keluarga yang dicintai.

Sejatinya banyak alasan mengapa seseorang tidak memiliki dana pensiun yang cukup di masa tua. Penyebabnya beragam, bisa akibat pengeluaran di masa muda terlalu besar karena faktor gaya hidup, atau bisa juga karena seseorang memiliki kewajiban untuk menghidupi orangtua, saudara kandung, dan anak Anda. Bisa pula, karena ketidakpahaman soal pentingnya dana pensiun.  

Berikut tips dari Lifepal.co.id bagi Anda yang saat ini berusia 40 tahun, belum mengumpulkan dana pensiun, dan memiliki penghasilan pas-pasan:

Editor : Ranto Rajagukguk