Begini Caranya Mengelola THR Supaya Enggak Cepat Habis

Michelle Natalia ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 13:36:00 WIB
Begini Caranya Mengelola THR Supaya Enggak Cepat Habis
Ilustrasi THR. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa perusahaan sudah mulai mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk karyawannya. Kadang, THR digunakan untuk keperluan mudik. 

Namun karena tahun ini mudik dilarang oleh pemerintah, maka dana THR bisa dialokasikan untuk lainnya. Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menyebutkan beberapa tips mengelola THR Lebaran tahun ini.

"Tentu masyarakat perlu menulis terlebih dahulu list kebutuhan selama Lebaran, baik itu kebutuhan belanja Lebaran, membayar kewajiban utang, ataupun untuk pembayaran lainnya," ucap Yusuf kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Minggu (2/5/2021). 

Hal ini kemudian dikombinasikan dengan mengalokasikan juga dana THR, entah untuk ditabung atau disimpan dalam bentuk investasi. 

"Dengan larangan mudik semestinya masyarakat mempunyai proporsi dana tambahan yang bisa dialokasikan untuk tabungan ataupun investasi," tambah Yusuf.

Dia pun mengatakan bahwa menabung dan investasi penting, karena ini bisa dijadikan tambahan alokasi dana ke dalam berbagai pos.

"Entah itu dana darurat, dana liburan yang ditunda, atau dana yang lain. Nanti tinggal disesuaikan saja dengan tujuannya, lalu tinggal dipilih instrumen apa yang cocok untuk pemenuhan kebutuhan tujuan tersebut," kata Yusuf.

Di luar itu, dia menyarankan kepada masyarakat agar sebisa mungkin jangan tergoda untuk membeli barang dengan cara kredit atau membeli barang di luar batas kemampuannya.  

"Masyarakat juga harus menahan diri agar tidak tergoda spending di luar kemampuannya," pungkas Yusuf.

Editor : Jujuk Ernawati