Contoh Persamaan Dasar Akuntansi Lengkap dengan Komponen, Rumus, dan Tabel

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 24 September 2022 - 07:17:00 WIB
Contoh Persamaan Dasar Akuntansi Lengkap dengan Komponen, Rumus, dan Tabel
Contoh persamaan dasar akuntansi (Foto: Harmony)

JAKARTA, iNews.id - Contoh persamaan dasar akuntansi penting untuk disimak. Persamaan dasar akuntansi menjadi materi yang wajib dikuasai ketika belajar akuntansi. 

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan untuk memproyeksikan hubungan antara harta, modal, dan utang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Prinsip yang dipegang dalam akuntansi adalah neraca keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Persamaan dasar akuntansi sering juga disebut sebagai dasar atas sistem akuntansi entri ganda. 

Manfaat persamaan dasar akuntansi di antaranya adalah untuk mengetahui perubahan nilai harta atau kekayaan suatu perusahaan. Perubahan tersebut akan berdampak pada setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, persamaan dasar akuntansi bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar harta yang terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode transaksi tertentu.

Komponen Persamaan Dasar Akuntansi

Ada tiga komponen rumus persamaan dasar akuntansi yang perlu dijelaskan. Berikut ini adalah 3 unsur Persamaan Dasar Akuntansi:

1. Aktiva 

Seperti yang telah dijelaskan, aktiva disebut juga sebagai aset atau harta. Aktiva adalah seluruh kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, baik yang berwujud atau yang tidak berwujud. Contoh aset antara lain adalah uang tunai, bangunan, peralatan, perlengkapan, gedung, piutang, dan lain sebagainya.

2. Kewajiban

Kewajiban disebut juga sebagai liabilitas. Ini adalah jenis pasiva yang wajib atau tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Kewajiban berupa utang yang harus dilunasi dalam periode waktu tertentu. Contoh utang adalah saat suatu perusahaan meminjam uang dalam jumlah tertentu untuk membangun kegiatan usahanya.

3. Modal

Modal disebut juga sebagai ekuitas. Jenis pasiva ini adalah sisa aset yang dimiliki perusahaan setelah dikurangi dengan sejumlah kewajiban yang harus dibayar. Modal biasanya digunakan kembali untuk menjalankan kegiatan usaha. Contoh modal antara lain bisa berbentuk uang, gedung, tanah, dan lainnya.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan utang ditambah modal. Rumus ini mengarah pada pencatatan keuangan yang seimbang antara debit dan kredit. 

Harta dalam hal ini disebut sebagai aktiva. Sementara dua komponen lain yakni utang dan modal  disebut pasiva. Berikut ini adalah rumus persamaan dasar akuntansi.

Harta (aktiva) = Utang + modal/ekuitas (Pasiva) 

atau bisa juga berupa: 

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi

Soal 1

Diketahui sebuah perusahaan A memiliki aset sebesar Rp 200.000 dan jumlah kewajiban sebesar Rp 60.000. Maka, berapakah jumlah modalnya?

Jawaban:

Aset = Kewajiban + Ekuitas
200.000 = 60.000 + Ekuitas
Ekuitas = 200.000 – 60.000
Ekuitas = 140.000
Dengan demikian, persamaan akuntansinya adalah:
Aset = Kewajiban + Ekuitas

200.000 = 60.000 + 140.000

200.000 = 200.000

Soal 2

Seorang pengusaha menginvestasikan uang tunai Rp50 juta rupiah untuk usaha yang didirikannya. Aktiva yang dimiliki pada tanggal pendirian usaha adalah uang tunai sebesar Rp 50 juta (Ekuitas/modal sebesar Rp 50 juta). Dengan demikian, persamaan akuntansinya adalah Aset = Ekuitas/Modal.

Jika aset atau aktiva berupa uang tunai yang disetor pengusaha berasal dari pinjaman bank sebesar Rp 30 juta dan investasi pemilik sebesar Rp 20 juta, bagaimana persamaan akuntansinya?

Jawaban:

Aset = Kewajiban + Ekuitas/Modal

Rp50 juta = Rp30 juta + Rp20 juta

Rp50 juta = Rp50 juta

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda