Covid-19, OJK: Indonesia Sudah Belajar dari Krisis 1998

Hafid Fuad ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 15:45:00 WIB
Covid-19, OJK: Indonesia Sudah Belajar dari Krisis 1998
Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai ada perbedaan besar antara kondisi saat ini akibat Covid-19 dengan krisis 1997/1998. Salah satu perbedaannya dari cara penanganan terhadap krisis.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, kebijakan yang diputuskan oleh regulator saat ini bersifat pre-emptive.

"Langkah awal sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu dengan berbagai kebijakan untuk menjaga keyakinan di pasar modal. Terbukti sekarang indeks (saham) sudah lebih baik," ujar Wimboh secara virtual, Kamis (27/8/2020).

OJK, kata Wimboh, juga telah mengeluarkan serangkaian kebijakan untuk menopang industri jasa keuangan lewat Peraturan OJK Nomor 11 Tahun 2020. Langkah ini dinilai cukup cepat dibandingkan dulu saat penanganan terlambat, sehingga menyebabkan krisis kepercayaan masyarakat terhadap perbankan.

"Kesalahan mendasar lain dulu adalah suku bunga yang dinaikkan, dampaknya pada nasabah yang hanya sakit, hanya flu alhasil jadi kolaps lalu sehingga menyeret kesehatan bank menjadi default," ujarnya.

Saat ini, kata Wimboh, nasabah yang kesulitan mencicil bisa memperoleh opsi restrukturisasi kredit. Meski naik, rasio kredit bermasalah (non performing loan atau NPL) perbankan sejauh ini masih aman di bawah 5 persen.

Dari sisi nasabah, menurut Wimboh, mereka yang terkena dampak pandemi tidak bisa dinyatakan gagal bayar (default) untuk sementara. Sementara bank cukup aman dari sisi likuiditas karena memperoleh relaksasi dari Bank Indonesia.

"Jadi sangat keliru menyamakan kondisi sekarang dengan masa krisis moneter. Ini semua karena Indonesia sudah belajar dari krisis 1997/1998. Karena itu mari kita sama-sama berkolaborasi dalam masa pemulihan ini," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda