Jenis dan Kategori Cryptocurrency Terlengkap yang Perlu Anda Tahu Agar Untung Maksimal

Suparjo Ramalan · Jumat, 24 Desember 2021 - 16:47:00 WIB
Jenis dan Kategori Cryptocurrency Terlengkap yang Perlu Anda Tahu Agar Untung Maksimal
Jenis dan kategori cryptocurrency terlengkap yang perlu Anda tahu agar untung maksimal. (foto: Sindonews/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Jenis dan katagori cryptocurrency terlengkap berikut ini sangat penting Anda ketahui jika ingin menjajal investasi cryptocurrency atau mata uang kripto. Itu supaya Anda mendapatkan keuntungan maksimal.

Mengutip SoFI Learn, saat ini ada ribuan jenis cryptocurrency yang berbeda. Sebagian dirancang untuk menyediakan beberapa fitur atau fungsi baru, moyoritas lainnya didasarkan pada prinsip yang sama dengan yang membentuk Bitcoin, yakni:

  • Cryptocurrency tidak diterbitkan, diatur, atau didukung oleh otoritas pusat seperti bank 
  • Cryptocurrency dibuat menggunakan buku besar terdistribusi (blockchain) dan peer to peer review 
  • Bitcoin dan koin lainnya dienskripsi (dijamin) dengan kode komputer khusus, yang disebut kriptogafi 
  • Sebagai aset, cryptocurrency umumnya disimpan dalam dompet digital, dompet blockchain, yang memungkinkan pengguna mengelola dan memperdagangkan koin mereka.

Jenis Cryptocurrency

Per September 2021, jenis cryptocurrency yang dapat Anda perdagangkan berkisar dari hampir 6.000 koin hingga lebih dari 10.000, dengan total kapitalisasi pasar hampir 2 triliun dolar AS.

Namun sebagian besar kripto tersebut memiliki nilai yang sangat kecil dan potensi yang tidak jelas. Banyak pengamat merekomendasikan investor untuk tetap berpegang pada kripto yang populer, di antaranya bitcoin dan ethereum. 

Berikut ini, 12 cryptocurrency populer, dengan kapitalisasi pasar terbesar berdasarkan data CoinMarketCap.com per 10 Desember 2021, seperti dikutip dari Bankrate:

1. Bitcoin (BTC)

Kapitalisasi pasar: 901 miliar dolar AS

Sebagai pertanda era cryptocurrency, Bitcoin masih menjadi koin rujukan banyak orang ketika mereka berbicara tentang mata uang digital. Penciptanya yang misterius, diduga Satoshi Nakamoto memulai debut mata uang ini pada 2009. Bitcoin telah bergerak secara roller-coaster sejak saat itu. 

2. Ethereum (ETH)

Kapitalisasi pasar: 472 miliar dolar AS

Ethereum adalah platform untuk Ether. Sistem ini memungkinkan Anda menggunakan Ether untuk melakukan sejumlah fungsi, tetapi aspek kontrak pintar Ethereum membantu menjadikannya mata uang yang populer.

3. Koin Binance (BNB)

Kapitalisasi pasar: 94 miliar dolar AS

Koin Binance adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar perdagangan yang didiskon, Koin Binance sekarang dapat digunakan untuk pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

4. Tether (USDT)

Kapitalisasi pasar: 76 miliar dolar AS

Harga Tether berlabuh pada 1 dolar AS per koin. Itulah mengapa disebut stablecoin. Stablecoin terikat dengan nilai aset tertentu, dalam kasus Tether, dolar AS. 

Tether sering bertindak sebagai media ketika pedagang berpindah dari satu kripto ke kripto lainnya. Alih-alih kembali ke dolar AS, mereka menggunakan Tether. Namun, beberapa orang khawatir Tether tidak didukung secara aman oleh dolar AS yang disimpan sebagai cadangan, melainkan menggunakan bentuk utang tanpa jaminan jangka pendek.

5. Solana (SOL)

Kapitalisasi pasar: 53 miliar dolar AS

Diluncurkan pada Maret 2020, Solana adalah mata uang kripto yang lebih baru dan cepat dalam menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform skala web. Penerbitan mata uang yang disebut SOL ini dibatasi hanya 480 juta koin.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda