Kasus Jouska, OJK Minta Anak Muda Tak Gampang Percaya Influencer

Hafid Fuad ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 11:38 WIB
Kasus Jouska, OJK Minta Anak Muda Tak Gampang Percaya Influencer

Jouska. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Generasi muda atau milenial kini tengah menggandrungi hal-hal terkait keuangan, terutama investasi. Sosialisasi digencarkan di media sosial lewat influencer seperti Jouska.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tirta Segara meminta anak muda tak gampang percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer. Proses check and recheck tetap perlu dilakukan.

"Milenial karakternya suka meniru influencer. Saya tahu karena juga punya anak usia milenial, tapi tidak semua influencer itu legal. Beberapa waktu lalu muncul kasus influencer keuangan ternyata ilegal," ujar Tirta, Kamis (13/8/2020).

Dia mengingatkan, kasus yang ditangani OJK tersebut ilegal karena tidak memiliki izin untuk mengumpulkan dana dari investor. Oleh karena itu, milenial perlu berhati-hati.

Tirta mengatakan, investor bisa memanfaatkan layanan OJK lewat ChatBot WhatsApp untuk mengetahui legalitas individu atau institusi dalam industri jasa keuangan. Teknologi ini cukup mudah karena langsung menjawab pertanyaan singkat.

"Aturan investasi itu 2L yaitu legal dan logis. Para milenial tinggal ketik satu brand perusahaan investasi. Ketik saja untuk cek legalitasnya," ujarnya.

Tirta menilai, minat anak muda terhadap investasi sangat bagus. Selama ini, milenial kerap diidentikkan dengan aktivitas menghabiskan uang mulai dari nongkrong hingga traveling.

"Sangat banyak anak muda yang jatuh miskin bila pemasukannya terganggu dalam 3 bulan berturut-turut. Ini karena tidak persiapkan dana darurat," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah