Kredivo Raih Pendanaan Baru Rp1,26 Triliun

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 12:38 WIB
Kredivo Raih Pendanaan Baru Rp1,26 Triliun

Kredivo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - FincAccel, fintech penyedia platform pinjaman online Kredivo meraih pendanaan terbaru senilai 90 juta dolar AS atau Rp1,26 triliun. Suntikan dana segar tersebut menjadi bagian dari pendanaan seri C yang mencapai total 200 juta dolar AS.

Pendanaan terbaru itu dipimpin Square Peg dan Asia Growth, modal ventura patungan Mirae Asset dan Naver. Dengan dana jumbo terbaru itu, putaran pendanaan seri C tuntas. Adapun investor yang terlibat sebelumnya dalam pendanaan seri ini di antaranya Singtel Innov 8 dan TMI (Telkomsel Indonesia).

Dengan pendanaan terbaru ini, maka valuasi Kredivo melonjak. Meskipun tak disebutkan, Bloomberg memperkirakan valuasi perusahaan teknologi jasa keuangan itu saat ini sekitar 500 juta dolar AS.

"Kami sangat senang Mirae Asset dan Naver bergabung dalam perjalanan bisnis kami. Perusahaan-perusahaan ini memiliki keahlian mumpuni di bidang jasa keuangan dan internet konsumer," kata CEO FinAccel, Akshay Garg melalui keterangan tertulis, Selasa (3/12/2019).

Garg mengungkapkan, jumlah nasabah Kredivo saat ini mencapai lebih dari 3 juta orang. Dalam beberapa tahun mendatang, dia menargetkan bisa melayani 10 juta nasabah.

"Dalam jangka pendek, rencana itu termasuk memberikan pinjaman pendidikan bunga rendah, pinjaman berbasis syariah, dan menjalin kerja sama dengan perbankan untuk pengembangan produk," ucap Garg.

Sementara Managing Director Mirae Asset Capital Jikwang Chung menyebut, FinAccel sebagai perusahaan yang luar biasa dengan DNA teknologi yang kuat dan manajemen risiko yang baik.

"Hari ini, kita menyaksikan perkembangan teknologi yang hebat yang mampu mendorong disrupsi di sektor jasa keuangan dan kami menilai FinAccel sebagai salah satu pemimpin di sektor ini," ujar Chung.

Partner Square Peg Tushar Roy mengaku terkesan dengan kemajuan Kredivo sejak kali pertama berinvestasi tahun lalu. Menurut dia, mudah bagi Square Peg untuk mendukung kembali perusahaan tersebut.

"Sangat langka menemukan perusahaan yang menanamkan nilai-nilai dan budaya yang kuat dan mengalami pertumbuhan luar biasa sekaligus memiliki visi meningkatkan eksosistem jasa keuangan," ujar Roy.


Editor : Rahmat Fiansyah