MNCN Dominasi Pangsa Pemirsa, HT : Kinerja Sepanjang Tahun Luar Biasa
JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) telah mempertahankan kinerja program yang solid sepanjang tahun di industri Free To Air (FTA) Indonesia. Kinerja tersebut didukung oleh produksi konten in-house dan susunan program spesial.
Perseroan tetap mendominasi, dalam hal pangsa pemirsanya, dengan margin yang sangat besar pada pangsa pemirsa November 2021, sebesar 47 persen pada prime-time dan all-time mencapai 41,3 persen. Itu meningkat masing-masing sebesar 3,5 persen dan 3,4 persen dibandingkan dengan November 2020.
Sepanjang tahun ini, Ikatan Cinta, drama seri dengan kinerja terbaik, terus membuktikan posisinya sebagai konten terkemuka dan terbaik yang pernah ada dalam sejarah penyiaran Indonesia dan sampai dengan saat ini masih terus berhasil mempertahankan posisi sebagai program nomor 1 sejak tayang perdana pada Oktober 2020.
Selain itu, program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan secara konsisten menduduki puncak program terbaik. Pada November 2021, 19 dari 20 program teratas dari semua genre disiarkan oleh FTA TV milik MNCN.
“Kinerja TV dan konten Perseroan sepanjang tahun sangat luar biasa. Kami telah berhasil mempertahankan kinerja di puncak program terbaik melalui konten in-house terkemuka kami yang pada akhirnya menghasilkan pangsa pemirsa agregat terbaik di industri hingga November 2021," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Senin (13/12/2021).
Selain itu, Hary Tanoesoedibjo mengatakan senang dengan konsolidasi aset digital MNC Media di bawah PT MNC Studios International Tbk (MSIN). Dia meyakini, konsolidasi tersebut akan menjadi pendorong valuasi MSIN dan MNCN.
"Saya melihat proses ini akan tuntas pada kuartal I/2022 dan saya sangat optimis menantikan babak baru dari perjalanan transformasi digital kami sebagai sebuah grup,” ujarnya.
Pasar Belanja Iklan
Sementara lanskap periklanan di kuartal IV/2021 terlihat akan pulih kembali, yang pada periode sebelumnya mengalami perlambatan ekonomi di kuartal III/2021 sebagai akibat dari berbagai pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah.
Perlu diketahui, kasus Covid-19 baru mencapai titik tertinggi selama periode Juli-September 2021. Bagi MNCN, kinerja luar biasa perseroan telah tercermin dalam distribusi belanja iklan FTA nasional pada semester II/2021.
Selama periode Juli-Oktober 2021, pasar belanja iklan perseroan tetap kuat, tercatat sebesar 51 persen. Ini jauh melampaui kompetitor lainnya.
Editor: Jujuk Ernawati