Pendapatan Blibli Melesat 72 Persen di 2022 Jadi Rp15,27 Triliun
Segmen toko fisik memberi kontribusi Rp3,97 triliun atau meroket 302 persen dibanding 2021 sebesar Rp988 miliar. Pendapatan bersih segmen ini melonjak 298 persen menjadi Rp3,55 triliun dari 2021 sebesar Rp892 miliar.
Laba bruto perseroan tercatat meningkat 111 persen menjadi Rp1,22 triliun sepanjang tahun lalu dari tahun sebelumnya Rp580 miliar. Sedangkan rugi usaha Blibli sepanjang 2022 mencapai Rp5 triliun.
Kas dan setara kas Blibli per 31 Desember 2022 sebesar Rp3,07 triliun. Aset perseroan mencapai Rp14,08 triliun dan liabilitas senilai Rp3,6 triliun.
CEO & Co-Founder BELI Kusumo Martanto mengatakan, 2022 dipenuhi oleh berbagai tantangan serta banyak faktor-faktor yang di luar kendali. Menurutnya, tema besar untuk para pelaku sektor teknologi di Indonesia saat ini, khususnya e-commerce adalah bagaimana cara beradaptasi dengan dinamika perubahan preferensi konsumen dalam bertransaksi menyusul dibukanya pembatasan akibat pandemi.
"Namun, kami tetap memegang teguh arah dan strategi kami sepanjang tahun, termasuk menjalankan berbagai inisiatif baru pada platform e-commerce dan OTA kami, memperdalam berbagai sinergi di dalam ekosistem, serta mempercepat ekspansi kehadiran toko-toko fisik untuk mendorong strategi omnichannel kami,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).