Pengalaman dan Visinya di BI, Alasan Doni Primanto Terpilih Deputi Gubernur

Rina Anggraeni ยท Senin, 13 Juli 2020 - 16:52 WIB
Pengalaman dan Visinya di BI, Alasan Doni Primanto Terpilih Deputi Gubernur

Pengalaman Doni Primanto mengabdi di BI menjadi alasan Komisi Keuangan DPR memilihnya sebagai deputi gubernur secara aklamasi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi XI DPR telah memilih Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) baru. Pengalaman Doni mengabdi di BI menjadi alasan Komisi Keuangan DPR memilihnya secara aklamasi.

"Dipilih secara aklamasi, musyawarah mufakat," ujar Hendrawan Supratikno, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RIdi Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Pemilihan secara aklamasi itu jelas punya makna dalam buat seorang Doni. Pemaparannya terkait visi dan misi dia selama lima tahun menjabat sebagai deputi bisa diterima sebagian besar anggota Komisi XI. 

Bank Indonesia, bagi Doni tentunya bukan lembaga baru yang perlu diadaptasi lagi untuk menunaikan tugas-tugasnya sebagai deputi. Sarjana ekonomi dan studi pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 1988 ini sudah melanglang di BI sejak 29 tahun lalu atau hampir tiga dekade. Waktu itu Doni bekerja sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter.

Sepanjang 2005-2008, Doni diberikan kesempatan untuk menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, dan kembali bertugas di Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Doni pada awal kariernya banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi pemerintah, membangun sistem pelaporan lalu lintas devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan rakornas TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah).

Selama menjalani karier di daerah, Doni menyabet penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan DKI Jakarta tahun 2017. Saat ini, Doni menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia.

Sebelumnya, Doni dipercaya oleh Gubernur Bank Indonesia untuk memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Doni memiliki pengalaman pada bidang ekonomi dan keuangan regional, sistem keuangan, manajemen intern, sektor riil dan UMKM, serta strategi organisasi dan manajemen Sumber Daya Manusia. Doni juga telah mengikuti program pendidikan Lemhanas pada 2018.

Editor : Dani Dahwilani