Platform Urun Dana Nakal Bakal Disanksi OJK

Dinar Fitra Maghiszha ยท Sabtu, 26 November 2022 - 17:28:00 WIB
Platform Urun Dana Nakal Bakal Disanksi OJK
Platform urun dana nakal bakal disanksi OJK. (foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberikan sanksi kepada platform layanan urun dana atau securities crowdfunding (SCF) yang terbukti nakal dalam menyelenggarakan pendanaan bisnis.

SCF atau urun dana merupakan layanan bagi investor untuk memberikan pendanaan pada bisnis modal kecil, seperti UMKM dan startup. Layanan yang dikenal dengan istilah Equity Crowdfunding (EFC) sekarang juga digunakan sebagai salah satu pilihan investasi.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK Djustini Septiana mengatakan OJK terus mengawasi ketat platform penyelenggara SCF terkait potensi kecurangan. Selain itu, OJK juga memantau mereka demi memastikan prinsip good governance (GCG) berjalan baik.

"Kita khawatir pelaku industrinya sendiri yang bermain-main atau nakal. Kita akan kasih sanksi apabila terbukti," kata dia dalam Workshop Pasar Modal di Kota Bandung, dikutip Sabtu (26/11/2022).

Dia menuturkan, platform SCF seperti Santara, Bizhare, Crowdana, LandX, FundEx, dan sejenisnya perlu secara transparan terkait sistem internal hingga keterangan mengenai issuer atau penerbit.

"Kalau issuer-nya nakal itu tanggung jawab platformnya, justru kita lihat apakah platform yang tidak tahu issuer-nya nakal atau mereka (berpotensi) kerja sama untuk berpura-pura, itu sama-sama nakal," tuturnya.

Adapun POJK Nomor 57 Tahun 2020 telah mengatur regulasi tentang Securities Crowd Funding (SCF). Total dana yang berhasil dihimpun dalam SCF hingga 22 November 2022  mencapai Rp661,32 miliar. Sedangkan issuer mencapai 314 dengan jumlah pemodal mencapai 129.958.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda