Program DigiKU, OJK Sebut Digitalisasi Perluas Pasar UMKM

Aditya Pratama ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 22:30 WIB
Program DigiKU, OJK Sebut Digitalisasi Perluas Pasar UMKM

Pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha secara digital sehingga membuka pasar lebih luas. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Program Digital Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau DigiKU yang baru diluncurkan Himpunan Bank Negara (Himbara) harus dimanfaatkan maksimal pelaku UMKM. Melalui program tersebut, pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha secara digital sehingga membuka pasar lebih luas.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengapresiasi dibentuknya DigiKU. Menurutnya, dengan adaptasi digitalisasi dan teknologi kepada UMKM membuat penjualan akan semakin baik.

"Ini telah mendorong adanya ekosistem untuk menciptakan lapangan kerja. Sekarang orang di kampung dan daerah bisa bikin barang dan jual kemana-mana. Di bawa ke pasar kalau ada yang beli pasti demand-nya terbatas. Tapi, dengan teknologi kerupuk bisa jual ke New York," ujar Wimboh dalam Webinar Peluncuran DigiKU, Jumat (17/7/2020).

Dia menuturkan, saat ini persaingan tidak hanya terjadi di pasar domestik, tapi juga ke pasar global. Dia menyebut, dengan adanya digitalisasi, orang yang ingin mencari pinjaman usaha tidak perlu pergi ke bank, dan juga tidak perlu barang ke toko.

"Nah, dengan DigiKU semuanya terjawab. Sekarang yang harus diperhatikan kalau di Indonesia sektor keuangan, e-commerce-nya, ekosistemnya, teknologinya, signalnya enggak kompetitif ya sulit," katanya.

Editor : Dani Dahwilani