Restrukturisasi Melandai, OJK Minta Bank Genjot Kredit

Suparjo Ramalan · Senin, 29 Juni 2020 - 18:40 WIB
Restrukturisasi Melandai, OJK Minta Bank Genjot Kredit

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, restrukturisasi kredit melandai. Regulator meminta perbankan untuk mulai menggenjot kredit agar ekonomi bergerak lebih cepat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meminta kepada perbankan segera menyalurkan kredit, terutama perbankan yang lebih sedikit merestrukturisasi kredit.

"Ini sudah waktunya kami minta perbankan untuk mulai berikan kredit ke debitur, yang kemarin sudah melakukan restrukturisasi dan yang tidak akan kami dorong," ujarnya, Senin (29/6/2020).

Selain itu, menurut Wimboh, kondisi likuiditas perbankan saat ini tidak lagi menjadi isu. Namun, dia mengingatkan perbankan tetap hati-hati dalam menyalurkan kredit.

"Jika dilihat kayaknya semua sudah antusias, sektor riil antusias, tanda bahwa ini bagus ekonomi bisa segera tumbuh. Tapi kami melihat juga tanda-tanda Covid-19 di daerah ada penambahan, ini akan kami perhatikan bersama," ujarnya.

Wimboh mengapresiasi keputusan pemerintah yang mengalihkan sebagian dana negara kepada bank-bank BUMN. Langkah itu dinilainya membuat perbankan semakin leluasa dalam menyalurkan kredit.

Editor : Rahmat Fiansyah