Tabungan Nasabah di Solo Ludes Rp72 Juta, Maybank: Tak Ada Pelanggaran Sistem

Rina Anggraeni ยท Rabu, 18 November 2020 - 15:25:00 WIB
Tabungan Nasabah di Solo Ludes Rp72 Juta, Maybank: Tak Ada Pelanggaran Sistem
Maybank Indonesia telah menggelar investigasi atas kejadian yang menimpa salah satu nasabah di Solo yang mengaku kehilangan Rp72 juta. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Nasabah Maybank di Solo kehilangan tabungan Rp72 juta. Kasus ini menambah rentetan kejadian setelah sebelumnya Winda Earl dan ibunya, kehilangan Rp22 miliar di Maybank.

Juru Bicara PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Tommy Hersyaputera mengatakan, Maybank telah menggelar investigasi atas kejadian yang menimpa nasabahnya di Solo. Dalam kejadian tersebut, ada perpindahan dana lewat mobile banking.

"Investigasi kami menunjukkan bahwa transaksi perpindahan dana dari rekening Nasabah kepada pihak ketiga tersebut dilakukan sesuai mekanisme dan telah melalui fitur keamanan yang ditetapkan dalam transaksi melalui mobile banking," katanya, Rabu (18/11/2020).

Fitur keamanan tersebut, kata dia, adalah User ID dan kata sandi (password) yang bersifat pribadi yang hanya diketahui oleh nasabah. Fitur tersebut dilengkapi Transaction Authorization Code (TAC) yang hanya dikirimkan ke nomor telepon seluler nasabah yang didaftarkan dalam sistem.

"Sesuai hasil penelusuran tidak ditemukan pelanggaran (breach) pada sistem mobile banking kami yang dapat menyebabkan pelanggaran akses atas rekening nasabah. Transaksi atas rekening nasabah dilakukan sesuai dengan mekanisme akses dan fitur keamanan yang berlaku bagi transaksi melalui mobile banking," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2