Tahun Ini, BI Perkirakan Aliran Modal Asing Masuk 19,1 Miliar Dolar AS

Michelle Natalia ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 20:31:00 WIB
Tahun Ini, BI Perkirakan Aliran Modal Asing Masuk 19,1 Miliar Dolar AS
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menyambut antusias dengan dilantiknya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pelantikan Biden akan mendorong aliran modal asing masuk ke Indonesia dengan jumlah yang fantastis.

"Kami perkirakan untuk Indonesia, Insya Allah tahun ini aliran modal asing investasi portofolio ke Indonesia akan meningkat menjadi 19,1 miliar dolar AS," ujar Perry dalam video virtual, Kamis (21/1/2021)

Dia memperkirakan aliran modal asing lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 11 miliar dolar AS. Indonesia dipastikan tetap menjadi negara tujuan utama investor untuk menanamkan modal.

"Kami merasa optimistis kondisi pasar keuangan global akan terus kondusif dan aliran modal asing ke negara berkembang akan terus meningkat, dan Indonesia kita patut bersyukur karena menjadi salah satu tujuan utama investasi portofolio dan kami perkirakan mencapai 19,1 miliar dolar AS," katanya.

Perry menambahkan, pernyataan-pernyataan Biden sangat menyejukkan, seperti upaya Pemerintah AS terhadap langkah vaksinasi Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Termasuk juga kemungkinan kenaikan dan peningkatan ekspansi fiskal oleh Pemerintah AS.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2