52 Hiu Terdampar di Pantai Madura, Ini Hasil Investigasi KKP

Taufik Fajar ยท Senin, 12 April 2021 - 17:33:00 WIB
52 Hiu Terdampar di Pantai Madura, Ini Hasil Investigasi KKP
Ilustrasi paus terdampar. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bersama Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya telah menginvestigasi terkait terdamparnya 52 Ekor paus pilot sirip pendek di Pantai Modung Bangkalan, Jawa Timur. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) KKP TB Haeru Rahayu mengatakan, dari hasil identifikasi, Paus Pilot yang mati sebanyak 51 ekor dan satu ekor berhasil dilepasliarkan kembali ke tengah laut pada tanggal 19 Februari 2021. 

Kemudian kata dia ukuran Paus Pilot memiliki panjang 2-3,5 meter dan yang terbesar mempunyai ukuran 5 meter, dengan berat rata-rata 300 kg-3 ton. Lalu bangkai paus yang dikubur di enam lokasi area pantai di Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan dengan menggunakan dua alat berat eskavator.

"Tim FKH Universitas Airlangga melakukan tindakan nekropsi dengan dilakukan pengukuran ketebalan lemak dan mengambil tiga sampel untuk proses histopatologi dan pemeriksaan mikrobiologi dengan rincian dua sampel dari paus jantan dan satu sampel dari paus betina," ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Sementara itu, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Bilqisthi Ari Putra mengatakan, terdapat empat poin utama untuk mengungkap kasus tersebut. Pertama koloni Paus Pilot Sirip Pendek yang terdampar sedang melakukan migrasi dan berburu makanan. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2