Airlangga Hartarto Laporkan 1,44 Juta Debitur KUR Dapat Tambahan Subsidi Bunga

Rina Anggraeni ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 20:01 WIB
Airlangga Hartarto Laporkan 1,44 Juta Debitur KUR Dapat Tambahan Subsidi Bunga

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan hingga Mei 2020, terdapat 13 penyalur kredit usaha rakyat (KUR) atau kredit bersubsidi yang telah melaporkan pelaksanaan kebijakan KUR terkait Covid-19. Tambahan subsidi bunga ini telah diberikan kepada 1,44 juta debitur KUR.

"Tambahan subsidi bunga KUR diberikan kepada 1,44 juta debitur dengan baki debet Rp46,1 triliun," katanya dalam acara peluncuran Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM, Selasa (7/7/2020).

Airlangga mengatakan, stimulus lainnya untuk debitur KUR, yaitu penundaan angsuran pokok paling lama enam bulan telah diberikan kepada 1,39 debitur dengan baki debet senilai Rp40,7 triliun. Sedangkan, relaksasi KUR berupa perpanjangan jangka waktu telah diberikan kepada 1,39 juta debitur dengan baki debet senilai Rp39,9 triliun.

"UMKM jadi prioritas utama pemulihan ekonomi dan perbankan telah diberi keleluasaan untuk restrukturisasi kredit," tutur dia. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, penyaluran program kredit modal kerja untuk UMKM bisa mencapai Rp100 triliun. Untuk itu, pemerintah pun akan membayarkan premi penjaminan sebesar Rp5 triliun kepada Jamkrindo dan Askrindo.

Dengan demikian, program kredit modal kerja ini pun bakal bergulir tak hanya tahun ini saja, namun hingga tahun 2021 mendatang.

"Nilainya bisa mencapai Rp100 triliun, dan akan diperpanjang sampai 2021. Kami berharap ini tetap bergulir untuk pemulihan ekonomi agar terakselerasi, dan berjalan tidak hanya 2020 tapi juga 2021," ujar dia.

Editor : Ranto Rajagukguk