AS Resesi, Apindo Khawatir Ekspor Bakal Turun

Rina Anggraeni ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 20:05 WIB
AS Resesi, Apindo Khawatir Ekspor Bakal Turun

Badai resesi yang menyerang ekonomi Amerika Serikat (AS) memengaruhi harga minyak, dolar AS dan juga bursa saham di Wall Street. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badai resesi yang menyerang ekonomi Amerika Serikat (AS) memengaruhi harga minyak, dolar AS dan juga bursa saham di Wall Street. Hal ini pun akan dikhawatirkan para pelaku usaha.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja mengatakan, dampak resesi ekonomi AS bakal memberikan efek negatif pada kinerja ekspor Indonesia. Pasalnya, negeri Paman Sam itu merupakan tujuan paling besar bagi ekspor Indonesia.

"Potensi adanya efek negatif dari resesi AS ke Indonesia karena AS adalah salah satu tujuan ekspor penting dan salah satu sumber investasi terbesar di kawasan Asia," kata Shinta saat dihubungi di Jakarta, Jumat (31/7/2020)

Dia melanjutkan, pemerintah Indonesia juga seharusnya memberikan insentif pada pengusaha Indonesia yang terkena dampak. Hal ini agar bisa meringankan kerugian bagi pengusaha Indonesia, khususnya para eksportir

"Pemerintah juga harus memberikan stimulus industri yang memadai dan efektif dalam meredam laju resesi. Ini agar efek negatif resesi AS terhadap Indonesia bisa hilang sama sekali," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk