Bahlil Lahadalia Pastikan Kawasan Industri Terpadu Batang Siap Terima Investor Tahun ini

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 00:13:00 WIB
Bahlil Lahadalia Pastikan Kawasan Industri Terpadu Batang Siap Terima Investor Tahun ini
Kepala BKPM Bahlil Lahdalia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terus melakukan pengawalan atas proses pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Pembangunan KIT Batang seluas 4.300 hektare tersebut akan dibagi menjadi tiga fase. 

Fase I seluas 450 hektare ditargetkan akan selesai tahun 2021 ini. Bahlil memastikan, pembangunan KIT Batang tersebut sesuai dengan perencanaan awal yang disusun tahun lalu. Bahlil mengungkapkan bahwa saat ini telah ada tiga perusahaan besar yang akan masuk di Grand Batang City mengisi 170 hektare lahan yang telah disiapkan, yaitu LG Energy Solution, KCC Glass, dan Wavin.

Total investasi LG dengan konsorsium BUMN sebesar Rp142 triliun yang bergerak di industri baterai listrik terintegrasi. Smelter nikel berlokasi di Maluku Utara, sedangkan di KIT Batang akan menjadi tempat untuk recycle, cathode, dan precursor. LG akan berinvestasi dalam bentuk konsorsium bersama dengan Indonesian Battery Holding yang merupakan gabungan dari Mining Industry Indonesia atau MIND ID, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Antam Tbk. 

“Ada juga pabrik kaca otomotif yang nilai investasinya Rp3-4 triliun. Selain itu juga ada dari Amerika, pabrik Alpan Lighting LED, dan Wavin pipa dari Belanda. Ada beberapa lah, saya sampaikan yang pasti-pasti aja dulu,” ujar Bahlil dalam keterangan pers, Selasa (16/2/2021).

Pembangunan infrastruktur dasar KIT Batang diperkirakan selesai sesuai dengan rencana dan dapat diselesaikan pada Mei 2021. Selanjutnya, Grand Batang City akan siap menerima tenant (penyewa) yang akan masuk berinvestasi.  

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2