Baru di Tahun Ini, Peserta CPNS Bakal Dapat Sertifikat Hasil SKD

Rina Anggraeni ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 11:20:00 WIB
Baru di Tahun Ini, Peserta CPNS Bakal Dapat Sertifikat Hasil SKD
Ilustrasi seleksi CPNS 2021 yang segera dimulai. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Dalam rangka pengembangan layanan seleksi ASN dengan metode Computer Assisted Test (CAT), Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghadirkan program Sertifikat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN atau disingkat dengan SERTIFI-CAT. Ini pertama kalinya bagi BKN menyediakan sertifikat hasil SKD kepada peserta seleksi aparatur sipil negara (ASN).

Pemberian sertifikat ini sebagai recognition (pengakuan) atas nilai SKD yang diperoleh peserta. Penerapan program SERTIFI-CAT dimulai pada pelaksanaan Seleksi ASN 2021, yakni diawali pada SKD Seleksi Sekolah Kedinasan dan seleksi CPNS dan PPPK yang menerapkan ujian dengan CAT BKN. 

Masing-masing peserta yang selesai mengikuti SKD bisa mengunduh sertifikat melalui https://sertificat.bkn.go.id, dengan cara:

- Menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) 
- Menginput Nomor Peserta
- Klik tombol unduh. 

Selain itu, untuk mengecek keaslian sertifikat, peserta dapat mengunduh aplikasi Validator Sertificat BKN pada Google Playstore, dengan cara Scan QR Code, yang terdapat pada sertifikat.

Berikutnya untuk persiapan Seleksi ASN 2021, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkup instansi Pemerintah Pusat dan instansi Pemerintah Daerah untuk menyiapkan sejumlah rangkaian pelaksanaan Seleksi ASN 2021, di antaranya seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi Pusat dan Daerah menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar/SKD CPNS serta Seleksi Kompetensi PPPK non-Guru Tahun 2021 sesuai dengan penetapan kebutuhan (formasi) yang tersedia.

"Selain itu, wajib membentuk Tim Panitia Seleksi Pengadaan Instansi, Petugas Verifikasi, Petunjuk Teknis Verifikasi, Petugas Helpdesk Instansi dan Pengumuman persyaratan pendaftaran seleksi instansi masing-masing," kata Bima di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2