Beli Kreatif Danau Toba, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Ferdi Rantung ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 18:02:00 WIB
Beli Kreatif Danau Toba, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Dorong UMKM Tembus Pasar Global
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo. (Foto: Sindonews/Ferdi Rantung)

JAKARTA, iNews.id - Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas memiliki potensi ekonomi kreatif bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Beli Kreatif Danau Toba.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo berharap program ini bisa meningkatkan omzet pelaku UMKM hingga pasar internasional. "Saya berharap, program beli kreatif danau Toba ini dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM, menambah penyerapan tenaga kerja dan pada akhirnya para peserta mampu menembus pasar internasional," katanya dalam sambutannya yang disampaikan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, M Neil El Himam, Sabtu (20/2/2021).

Melalui program tersebut, para pelaku UMKM akan diberikan berbagai pelatihan. Hal ini mulai dari perluasan akses pasar melalui digital, optimalisasi transaksi, hibah desain hingga bedah gerai.

"Berbagai program secara online maupun offline yang akan diadakan sepanjang tahun 2021" ujarnya

Saat ini, sudah 500 peserta UMKM artisanal di Sumatera Utara telah berpartisipasi dalam program pre-launching dan grand launching. Kemenparekraf menargetkan program Beli kreatif Danau Toba ini dapat diikuti oleh 5.700 peserta.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: