BI Naikkan Suku Bunga Acuan 3,75 Persen, Pengamat Pasar Uang: Antisipasi Kenaikan BBM Bersubsidi

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:52:00 WIB
BI Naikkan Suku Bunga Acuan 3,75 Persen, Pengamat Pasar Uang: Antisipasi Kenaikan BBM Bersubsidi
Ibrahim Assuaibi. (Foto: istimewa)

JAKARTA, INews.id - Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan langkah Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan menjadi 3,75 persen merupakan antisipasi atas rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. 

Seperti diketahui, pemerintah telah berencana menaikkan harga BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar untuk mengurangi beban subsidi APBN di tengah lonjakan harga minyak mentah dunia. Rencana tersebut diperkirakan akan diumumkan pekan depan.

"Sehingga apa yang dilakukan BI (menaikkan suku bunga acuan) sebenarnya adalah untuk mengantisipasi itu," ujar Ibrahim kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (23/8/2022).

Menurut dia, kenaikan suku bunga acuan yang diumumkan BI hari ini sudah tepat untuk mengimbangi inflasi akibat kenaikan BBM dan bahan pangan yang tak terhindarkan. 

"Memang ini harus terjadi, untuk mengimbangi inflasi yang kemungkinan besar akan lebih tinggi lagi, bisa saja, akan melebihi dari 4 persen dalam tahun ini," kata Ibrahim.

Kendati demikian, dia mengungkapkan, ternyata langkah BI ini tidak sesuai dengan prediksi para analis sebab sebelumnya BI begitu percaya diri masih akan mempertahankan suku bunga. 

Tak hanya itu, para pengamat dan analis juga optimistis BI masih akan mempertahankan suku bunga, karena melihat pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 5,44 persen dan kuartal ketiga yang kemungkinan akan bagus. 

"Apalagi cadangan devisa masih bagus, neraca perdagangan juga masih bagus, nah disitulah semua para pengamat itu menganggap BI masih tetap mempertahankan suku bunga," tutur Ibrahim.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda