Bio Farma Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19 Sinovac ke 34 Provinsi

Suparjo Ramalan · Senin, 04 Januari 2021 - 12:40:00 WIB
Bio Farma Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19 Sinovac ke 34 Provinsi
Vaksin Covid-19 Sinovac mulai didistribusikan ke 34 Provinsi di Indonesia sejak Minggu (3/1/2021) kemarin. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Bio Farma (Persero) memastikan vaksin Covid-19 Sinovac merupakan vaksin jenis inactivated virus atau virus yang dimatikan. Inactivated virus merupakan cara umum yang biasa digunakan dalam pembuatan vaksin.

Sekretaris Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, vaksin akan diambil menggunakan jarum suntik pada saat proses vaksinasi dilakukan. "Nanti yang 3 juta (vaksin) yang sudah datang menggunakan vial. Satu vial isinya satu dosis kalau itu dalam series. Kalau ini (yang akan disuntikkan) dalam vial, nanti akan diambil pakai jarum suntik dan akan disuntikkan. Satu dus isinya ada sekitar 40 vial atau dosis," ujar bambang saat dihubungi, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Dia menyebut, kandungan vaksin Covid-19 dari Sinovac lainnya adalah aluminium hidroksida sebagai adjuvant untuk meningkatkan kemampuan vaksin, kemudian larutan fosfat sebagai penstabil dan larutan garam atau natrium klorida (NaCL) sebagai isotonis.

"NaCL sebagai isotonis untuk memberikan kenyamanan dalam penyuntikan, larutan garam tentu memenuhi standar pharmaceutical. Vaksin ini diproduksi tidak menggunakan pengawet dan tidak mengandung bahan lain kayak boraks formalin dan merkuri. Ini sudah diuji di bawah pengawasan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," katanya. 

Vaksin Covid-19 Sinovac sendiri mulai didistribusikan ke 34 Provinsi di Indonesia sejak Minggu (3/1/2021) kemarin. Pendistribusian dilakukan melalui jalur darat dan udara. 

Editor : Ranto Rajagukguk