Bio Farma Pastikan Infrastruktur Vaksinasi Covid-19 Tersedia hingga di Puskesmas

Suparjo Ramalan · Kamis, 31 Desember 2020 - 17:05:00 WIB
Bio Farma Pastikan Infrastruktur Vaksinasi Covid-19 Tersedia hingga di Puskesmas
Ilustrasi vaksin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Holding badan usaha milik negara (BUMN) Farmasi PT Bio Farma (Persero) memastikan infrastruktur kesehatan untuk proses vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat sudah tersedia. Bahkan, ketersediaan peralatan pendukung vaksinasi itu terjamah hingga di tingkat Puskesmas. 

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto menuturkan, infrastruktur kesehatan tersebut berupa cool room yang digunakan untuk mengamankan vaksin dengan suhu diantara 2-8 derajat celcius, alarm, hingga alat pemberitahuan (report) dan protokol lainnya. 

“Simpan (vaksin Covid-19) di Puskesmas, di Provinsi, Kabupaten/Kota mereka sudah punya  sistemnya. Di puskesma kalau nanti mas lihat, dia uda punya cool room-nya alarm-nya, mereka sudah punya protokol lainnya," ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (31/12/2020). 

Dia menegaskan, vaksinasi bukan hal baru bagi Bio Farma dan Kementerian Kesehatan. Di Indonesia, proses mikroorganisme tersebut sudah dilakukan selama puluhan tahun lalu saat pemerintah dan masyarakat dihadapkan dengan infeksi berbagai jenis virus. 

Dengan begitu, pemerintah dinilai siap melakukan vaksinasi Covid-19. Bahkan, dia menyebut, setiap tahunnya pemerintah memiliki program vaksinasi. Proses itu menjadi pengalaman berarti bagi Bio Farma dan instansi kesehatan lainnya untuk melaksanakan distribusi serta penyuntikan vaksin Sinovac kepada masyarakat nantinya. 

Editor : Ranto Rajagukguk