Bisa Beli Online atau Offline, Ini Cara Dapat Vaksin Covid-19 Jalur Mandiri

Giri Hartomo ยท Selasa, 24 November 2020 - 23:37:00 WIB
Bisa Beli Online atau Offline, Ini Cara Dapat Vaksin Covid-19 Jalur Mandiri
Vaksin Covid-19 Pfizer. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah sedang mempersiapkan diri untuk program vaksinasi Covid-19, termasuk untuk jalur mandiri. Untuk mempersiapkannya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk PT Bio Farma (Persero) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

Chief Digital Healthcare Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan, proses awal, pemerintah akan melakukan sosialisasi melalui media online, cetak, elektronik hingga media sosial. Tujuannya memberitahukan bahwa proses vaksinasi akan dimulai.

Dalam penjualannya akan dilakukan lewat beberapa channel baik online maupun offline. Untuk proses melalui aplikasi ada tujuh tahapan yang harus dilakukan. 

Pertama, pasien melakukan registrasi dan pre-order. Tahap pertama itu bertujuan untuk menangkap data masyarakat apakah sesuai dengan ketentuan vaksinasi Covid-19.  Sistem pre-order ini juga untuk menangkap seberapa besar kebutuhan vaksin hingga mendekati akurat. 

Dengan begitu, penyelenggara vaksinasi tidak bisa memesan vaksin melebihi data pre-order tersebut. Tujuannya untuk menghindari penimbunan.

Editor : Ranto Rajagukguk