Brexit, Retno Marsudi Pastikan Kerja Sama Ekonomi dengan Inggris Berlanjut

Muhammad Aulia · Senin, 03 Februari 2020 - 18:00 WIB
Brexit, Retno Marsudi Pastikan Kerja Sama Ekonomi dengan Inggris Berlanjut

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan Indonesia akan tetap menjalin dan memperkuat kerja sama dengan Inggris, khususnya di sektor ekonomi. Hal ini dilakukan meski Inggris telah resmi keluar dari Uni Eropa atau Brexit.

"Kita akan terus kuatkan kerja sama dengan UK (Inggris)," kata Retno di Gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jakarta pada Senin (3/2/2020).

Menurut Retno, keluarnya Inggris dari Uni Eropa tidak memberikan dampak negatif untuk Indonesia. Retno juga mengatakan, Inggris adalah salah satu mitra yang cukup penting bagi Indonesia di kawasan Eropa.

"Saya kira tidak ada dampak negatifnya. Dia (Inggris) mitra yang cukup penting bagi kita di Eropa," kata Retno.

Seperti diketahui, Inggris pada akhirnya resmi keluar dari Uni Eropa pada Jumat (31/01/2020) pada pukul 23.00 waktu setempat. Langkah ini sendiri terjadi pada masa pemerintahan Perdana Menteri (PM) Boris Johnson.

Dengan resminya Brexit, Inggris tidak lagi membuka kerja sama di berbagai bidang, termasuk salah satunya dalam hal perdagangan dengan Uni Eropa. Langkah ini juga mengakhiri keanggotaan Inggris di Uni Eropa selama 47 tahun.

Langkah Brexit sendiri diputuskan setelah dilaksanakan pemungutan suara yang dilakukan oleh warga Inggris sejak tiga tahun yang lalu. Hasilnya sendiri pun cukup mengejutkan, di mana 52 persen warga Inggris lebih memilih Inggris keluar dari Uni Eropa.

Editor : Ranto Rajagukguk