Darurat Corona, Perusahaan Diminta Perhatikan Upah Buruh

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 15:09 WIB
Darurat Corona, Perusahaan Diminta Perhatikan Upah Buruh

Pandemi virus Corona (Covid-19) berdampak besar bagi para pelaku usaha di Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus Corona (Covid-19) berdampak besar bagi para pelaku usaha di Indonesia. Meski demikian, para pelaku usaha dituntut untuk tetap memerhatikan upah para pekerja atau buruh. 

Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Perekonomian Susiwijono menyatakan dalam surat edaran (SE) Nomor M/3/HK.04/III/2020 yang diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berisi tentang perlindungan pekerja atau buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Bahkan, kata Susi, dalam surat edaran Kemenaker tersebut juga mengatur mengenai pengupahan buruh. Susi juga menyebut, setiap pemimpin perusahan secepatnya merancang dan melaksanakan kesiapsiagaan untuk memperkecil resiko penularan Covid-19 bagi para pekerja.

"Nah di dalam melakukan perlindungan ini juga, di SE menaker ini mengatur kembali mengenai pentingnya para pengusaha tetap memperhatikan perlindungan pengupahan buat buruh. Jadi ini memang harus dijaga, antara bagaimana kita tetap menjaga, mencegah penyebaran virus, usaha tetap jalan, dan sekali lagi, hak upah buruh tetap dijaga," kata Susi, Kamis (26/3/2020).

Saat ini, kata Susi, pemerintah akan terus mendampingi dan mendukung seluruh komponen ekonomi agar tetap kuat di tengah pergolakan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Salah satu dukungan pemerintah kepada badan usaha, kata Susi, memberi kelonggaran bagi perusahaan yang memberlakukan pembatasan. Kelonggaran itu berupa penentuan upah berdasarkan kesepakatan pengusaha dengan buruh. Bahkan kata Susi, pihaknya sudah menyiapkan berbagai kebijakan insentif dan stimulus ekonomi untuk mendukung pengusaha maupun para pekerja.

Diketahui pemerintah sudah menerbitkan kebijakan stimulus ekonomi. Dan saat ini akan diterbitkan stimulus ketiga untuk menjaga keberlangsungan ekonomi Indonesia. 

"Berbagai stimulus ekonomi yang sudah digulirkan oleh pemerintah. Supaya ini membangun confidence, membangun suatu optimism kita, di tengah kondisi sulit ini," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk