Didorong Inflasi Energi Global, Impor Jepang Tembus Rekor Tertinggi pada Juli

Aditya Pratama ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:49:00 WIB
Didorong Inflasi Energi Global, Impor Jepang Tembus Rekor Tertinggi pada Juli
Impor Jepang melonjak ke rekor tertinggi pada Juli 2022 didorong inflasi energi global dan pelemahan mata uang yen serta memperdalam defisisit perdagangan. (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Impor Jepang melonjak ke rekor tertinggi pada Juli 2022 didorong inflasi energi global dan pelemahan mata uang yen yang melebihi ekspor serta memperdalam defisit perdagangan. Hal ini menandakan semakin memburuknya perdagangan Jepang.

Mengutip Reuters, data perdagangan menunjukkan peningkatan sentimen bisnis Jepang pada Agustus, sementara ukuran utama belanja modal perusahaan rebound pada Juni dari penurunan bulan sebelumnya.

Sementara, kumpulan data yang beragam memberikan beberapa bukti ketahanan, dan pembuat kebijakan kemungkinan akan mempertahankan seruan untuk lebih banyak stimulus karena negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia itu berjuang untuk melepaskan dari dampak pandemi.

"Ekspor kemungkinan akan melambat ke depan karena pengetatan kebijakan moneter global, yang dapat melemahkan selera perusahaan untuk investasi," ujar Kepala Ekonom di Norinchukin Research Institue, Takeshi Minami dikutip, Kamis (18/8/2022). 

"Ekonomi Jepang yang didorong oleh ekspor akan kehilangan momentum menjelang akhir tahun ini dan awal tahun depan di tengah kekhawatiran penurunan global," sambungnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda