Enggar Bangga Bisa Bantu Jokowi Pimpin Kementerian Perdagangan

Rully Ramli ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 22:46 WIB
Enggar Bangga Bisa Bantu Jokowi Pimpin Kementerian Perdagangan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan kesan pesannya selama menjadi menteri di kabinet kerja. Pernyataan ini disampaikan jelang berakhirnya periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla 2014-2019.

Enggar merasa terhormat telah ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan sejak Juli 2016. Menurut dia, penunjukannya menjadi seorang menteri merupakan bentuk kepercayaan dari orang nomor satu Indonesia.

"Ini suatu kepercayaan luar biasa, suatu kehormatan bagi saya bisa menjadi pembantu Bapak Presiden dalam tiga tahun dua bulan yang tinggal tersisa enam hari,” ujarnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Enggar ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan untuk menggantikan Thomas Lembong yang dipercaya untuk menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pria kelahiran 68 tahun lalu itu memastikan, siapa pun nantinya yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan akan dapat dengan mudah menjalankan tugasnya. Sebab, menurutnya Jokowi adalah sosok pemimpin yang bisa memberikan arahan dengan singkat dan jelas.

"Beliau beri perintah perintah sangat jelas, sederhana kalimatnya. Sehingga tidak perlu ada terjemahan ini itu sangat jelas arahannya, seperti saat saya menerima perintahnya," kata dia.

Enggar menekankan nantinya seorang Menteri Perdagangan memiliki tiga kewajiban penting yang perlu dilaksanakan. Salah satunya menjaga inflasi dengan mengontrol harga-harga bahan pokok.

"Kedua perbaiki pasar, ketiga jaga neraca perdagangan. Itu kan garis besarnya," ucap Enggar.


Editor : Ranto Rajagukguk