Erick Thohir Ungkap Urgensi Pembentukan Integrasi BUMN Ultra Mikro

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 13:19:00 WIB
Erick Thohir Ungkap Urgensi Pembentukan Integrasi BUMN Ultra Mikro
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menjamin rencana pembentukan integrasi ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pengembangan Usaha Ultra Mikro (UMi) sejalan dengan program kerja yang telah ditentukan. Integrasi tiga BUMN untuk usaha ultra mikro menjadi bagian dari program Indonesia bekerja yang digagas sejak Kabinet Indonesia Maju dilantik.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, ada tiga program prioritas pemerintah, yakni Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh. Integrasi ekosistem BUMN untuk ultra mikro masuk dalam bagian program Indonesia Bekerja, sebagai pembuktian keberpihakan negara terhadap upaya pengembangan dan pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Di program Indonesia Bekerja, bagaimana salah satunya peran BUMN dalam pemulihan ekonomi sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kami,” ujar Erick dalam keterangan pers Jumat (26/2/2021). 

Rencananya, integrasi ekosistem BUMN untuk ultra mikro melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Holding ini ditargetkan terbentuk pada 2021.

Pembentukan integrasi BUMN ini akan dilakukan melalui aksi rights issue, setelah mendapat arahan dari Komite Privatisasi dan rekomendasi dari Menteri Keuangan serta konsultasi dengan DPR. Negara akan mengambil bagian dengan mengalihkan seluruh saham seri B di Pegadaian dan PNM untuk disetorkan ke BRI. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2