Formasi CPNS 2021 Terungkap, Negara Ingin Rekrut Satu Juta Guru

Taufik Fajar ยท Kamis, 19 November 2020 - 16:23:00 WIB
Formasi CPNS 2021 Terungkap, Negara Ingin Rekrut Satu Juta Guru
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist).

JAKARTA, iNews.id - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka tahun depan. Sebagian besar formasi abdi negara yang akan dibuka yaitu guru.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan, tenaga pendidik atau guru bersama tenaga kesehatan dan tenaga teknis akan menjadi prioritas dalam perekrutan CPNS ke depan.

Prioritas tersebut, kata Tjahjo, sudah menjadi kesepakatan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kemendagri, Kemenkeu, dan Kemendikbud soal kebutuhan PNS di masa depan.

"Jadi semua pihak sepakat untuk membuka satu juta pengadaan tenaga guru dan anggarannya pun disebut sudah disiapkan Menteri Keuangan," ujarnya saat rapat dengan Komisi II DPR, Kamis (19/11/2020).

Sebagai gantinya, kata Tjahjo, pemerintah akan mengurangi tenaga administrasi. Mereka akan dialihkan menjadi tenaga yang lebih fungsional seperti pendidik, kesehatan, atau lainnya yang lebih teknis.

"ASN kita yang 1,6 juta yang merupakan tenaga administrasi itu menjadi banyak dapat tugas sebagai guru dan tenaga kesehatan, di mana kebutuhan guru, perawat, bidan, dan dokter baik di puskesmas pembantu, puskesmas di kecamatan, dan rumah sakit rujukan sangat kurang sekali," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah