Gubernur BI Prediksi Inflasi 2022 Sentuh 4,2 Persen

Antara · Rabu, 15 Juni 2022 - 15:57:00 WIB
Gubernur BI Prediksi Inflasi 2022 Sentuh 4,2 Persen
Gubernur BI Perry Warjiyo memprediksi inflasi pada 2022 akan meningkat hingga mencapai 4,2 persen. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi inflasi pada 2022 akan meningkat hingga mencapai 4,2 persen. Hal tersebut diukur atas Indeks Harga Konsumen (IHK) tahun ini.

"Namun inflasi inti dan ekspektasi inflasi masih bisa terkendali di dalam kisaran dua persen sampai empat persen pada tahun ini dan tahun depan," ujar Perry dikutip dari Antara, Rabu (15/6/2022).

Perry menambahkan, hal tersebut menjadi cerminan koordinasi fiskal dan moneter yang sangat kuat, di mana fiskal meningkatkan subsidi sehingga tidak semua kenaikan harga energi dan komoditas dunia berdampak kepada inflasi dalam negeri dan BI ikut berpartisipasi dalam pembiayaan anggaran negara untuk tahun ini.

Koordinasi tersebut, kata dia, berhasil menahan dampak dari kenaikan harga komoditas yang tinggi baik harga energi maupun harga pangan dunia terhadap inflasi di Tanah Air. 

Kondisi Indonesia, lanjutnya, tentunya berbeda dengan negara-negara lain yang kini sedang mengalami lonjakan inflasi yang tinggi hingga mencapai dua digit.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda