Hubungkan Aceh dan Sumut, Jalan Tol Binjai-Langsa Segera Dibangun

Aditya Pratama ยท Sabtu, 21 Desember 2019 - 10:04 WIB
Hubungkan Aceh dan Sumut, Jalan Tol Binjai-Langsa Segera Dibangun

Kepala BPJT, Danang Parikesit (kedua dari kiri) bersalaman dengan Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo (ketiga dari kiri) usai meneken PPJT ruas Binjai-Langsa disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Jumat (20/12/2019). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Konstruksi jalan tol ruas Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer segera dimulai. Tol bagian dari jaringan tol Trans Sumatra tersebut akan menghubungkan Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

Kepastian tersebut setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Hutama Karya (Persero) menandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) ruas Binjai-Langsa. Investasi tol tersebut mencapai Rp23,35 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tol Binjai-Langsa merupakan salah satu ruas prioritas yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Diharapkan tol ini dapat meningkatkan pergerakan logistik dari Provinsi Sumatra Utara menuju Provinsi Aceh dan mendukung pengembangan wilayah yang berada di sekitar jalan tol," kata Basuki, Jumat (20/12/2019).

BACA JUGA:

Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Maret 2020, Ini Progres Ruas-Ruas Tol Trans Sumatra

Hutama Karya Bangun 6 Jalur untuk Gajah di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, tol Binjai-Langsa memiliki 5 simpang susun yaitu Stabat, Tanjung Pura, Pangkalan Brandan, Kuala Simpang, dan Langsa. Untuk tahap awal, tol tersebut dibangun 2 lajur di setiap arah meski nantinya akan diperlebar menjadi 3 lajur.

"Diharapkan bisa diselesaikan sesuai dengan rencana pada akhir tahun 2023,” ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah