Jelang Libur Panjang, Kemenhub: Kapal Penumpang harus Uji Kelaikan

Ferdi Rantung ยท Minggu, 22 November 2020 - 19:20 WIB
Jelang Libur Panjang, Kemenhub: Kapal Penumpang harus Uji Kelaikan

Ilustrasi kapal laut. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id – Menjelang libur natal dan Tahun Baru 2021, Kementerian Perhubungan melakukan berbagai upaya antisipasi dalam aspek keselamatan. Salah satunya, kapal penumpang harus melakukan uji kelaiklautan kapal khususnya di 51 pelabuhan yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo mengatakan, dalam penyelenggaraan Nataru tahun ini, pemerintah fokus tidak hanya untuk aspek kesehatan para penumpang dan awak kapal, tetapi juga  keselamatan dan kesehatan bagi petugas pelabuhan dan posko di seluruh pelabuhan di Indonesia.

“Uji kelaiklautan kapal semua penumpang ini bertujuan untuk menjamin dan meningkatkan kelancaran, keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi laut pada masa angkutan liburan,” kata Agus kepada MNC Portal, Minggu (22/11/2020)

Agus menambahkan, apabila dalam pemeriksaan Kelaiklautan Kapal penumpang ditemukan ketidaksesuaian major, maka harus dipenuhi paling lambat tanggal 22 Desember 2020. Namun, jika kesesuaian kapal tidak bisa maka kapal tidak boleh beroperasi.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua