Kejaksaan Agung Dilibatkan dalam Program Kartu Prakerja, Ini Tujuannya

Rina Anggraeni ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:30:00 WIB
Kejaksaan Agung Dilibatkan dalam Program Kartu Prakerja, Ini Tujuannya
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) dilibatkan dalam program kartu prakerja. Kerja sama tersebut diteken oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usah Negara (Jamdatun).

Ketua Tim Pelaksana Program Kartu Prakerja, Rudy Salahuddin mengatakan, perjanjian kerja sama tersebut terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan TUN. Kerja sama ini menjadi bagian dari upaya Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja meningkatkan sinergi dengan aparat penegak hukum.

"Hal ini penting untuk mengoptimalkan penanganan hukum dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara, termasuk menangani kerugian yang mungkin timbul, misalnya apabila ada penerima manfaat Kartu Prakerja yang tidak memenuhi ketentuan maupun hubungan keperdataan dengan para mitra dan pihak-pihak terkait lainnya,” ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020, yang berhak memperoleh manfaat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, tidak sedang mengikuti pendidikan formal, dan tidak termasuk dalam kelompok yang dilarang menerima.

Editor : Rahmat Fiansyah