Kemensos: Tidak Ada Anggaran Santunan Korban Covid-19 Rp15 Juta 

Antara · Senin, 22 Februari 2021 - 23:05:00 WIB
Kemensos: Tidak Ada Anggaran Santunan Korban Covid-19 Rp15 Juta 
Kemensos membantah adanya santunan untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebesar Rp15 juta. (Foto: ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Sosial (Kemensos) membantah adanya santunan untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebesar Rp15 juta. Pemerintah pusat tidak menyediakan anggaran untuk hal tersebut.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos, Sunarti mengatakan, Kemensos akan menolak rekomendasi atau usulan dinas sosial soal santunan korban Covid-19.

"Terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh dinas sosial provinsi, kabupaten, kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti," ujar Sunarti, Senin (22/2/2021).

Dia mengirimkan surat edaran (SE) kepada dinsos provinsi untuk mengabarkan hal itu sambil mencabut SE dari Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial tanggal 18 Juni 2020. Dalam SE yang lama, ada santunan Rp15 juta kepada ahli waris yang anggota keluarganya meninggal akibat Covid-19.

Dia meminta dinsos provinsi memberikan informasi tersebut kepada dinsos kabupaten/kota di wilayahnya masing-masing. "Selanjutnya untuk tidak memberikan rekomendasi dan/atau usulan lagi pada Kementerian Sosial," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah