KRL Bakal Jadi Transportasi Utama di Ibu Kota Baru

Rully Ramli ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:40 WIB
KRL Bakal Jadi Transportasi Utama di Ibu Kota Baru

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Transportasi publik dipastikan akan menjadi prioritas utama sebagai alat mobilisasi warga di Kalimantan Timur. Kereta api dipilih menjadi tulang punggung (backbone) sistem transportasi di ibu kota baru pengganti Jakarta tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api berbasis listrik alias KRL akan menjadi moda transportasi publik agar warga tidak menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau kereta listrik bisa dipastikan," kata dia di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

BACA JUGA:

Sayembara Desain Ibu Kota Baru Dibuka, Temanya Identitas Bangsa dan Kota Pintar

Tiru Brasil & Pakistan, Bappenas Yakin Ibu Kota Baru Bisa Mulai Beroperasi 2024

Selain itu, Menhub juga mempertimbangkan moda transportasi laut di ibu kota baru meski belum pasti. Hal tersebut karena lokasi ibu kota baru dikelilingi oleh perairan, terutama teluk.

"Angkutan kapal juga menarik karena ada satu teluk sepanjang 80 kilometer dengan lebar 5 kilometer tidak terbayangkan bisa menjadi suatu daya tarik luar biasa untuk ibu kota baru," ujarnya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, pemerintah bertekad agar warga ibu kota baru tidak menggunakan kendaraan pribadi. Caranya dengan mengintegrasikan seluruh moda transportasi publik, termasuk sistem tiket.

Direktur Utama PT Kereta Comuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengaku belum mengetahui detail rencana pengembangan KRL di ibu kota baru. Soal ini, KCI menunggu keputusan pemerintah.

"Kami sih siap mengoperasikan kalau disana ada KRL," kata dia.


Editor : Rahmat Fiansyah