Kualitas Pelayanan Meningkat, Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 Naik
JAKARTA, iNews.id - Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2018 berada di level 85,23 persen, naik 0,38 persen dibandingkan tahun lalu sebesar 84,45 persen.
"Untuk pertama kalinya Indeks kepuasan layanan haji mencapai angka 85 persen, merupakan capaian terbaik setelah sembilan tahun pelaksanaan survei" kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (21/11/2017).
Dia mengatakan, perhitungan IKJHI didasarkan pada tiga metode sekaligus yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Untuk tahun ini, survei dilakukan terhadap 14.400 jemaah haji.
Adapun 10 indikator yang menjadi dasar penilaian yaitu pelayanan petugas, pelayanan ibadah, pelayanan akomodasi, pelayanan transportasi bus, pelayanan katering, pelayanan kesehatan kloter, dan pelayanan lain-lain.
"Berdasarkan jenis pelayanan, indeks tertinggi dicapai pada jenis pelayanan transportasi bus antar kota dengan indeks 88,25 persen, sedangkan yang terendah pada jenis pelayanan tenda sebesar 77,59 persen, tapi masih dalam kategori memuaskan," kata dia.