Kualitas Pelayanan Meningkat, Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 Naik
Menurut Suhariyanto, rendahnya angka kepuasaan jamaah haji terhadap kualitas tenda diakibatkan oleh tenda yang berada di dalam wilayah Mina, yang mana hanya pemerintah Arab Saudi memiliki kewenangan terhadap pelayanan haji di daerah tersebut.
Suhariyanto mengatakan survei kepuasan jamaah haji dilaksanakan dengan mengacu pada Undang-Undang (UU) nomor 13 tahun 2008 yang intinya pemerintah harus meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tingginya angka kepuasan jamaah haji merupakan hasil dari kontribusi jamaah haji itu sendiri. Menurutnya, mengatur 221.000 jamaah haji akan menjadi sulit tanpa adanya kepatuhan pada jamaah haji.
"Ini adalah kontribusi kepatuhan dan ketaatan jamaah kita yang tahun ini lebih mudah dikoordinasi, sehingga memberikan kontribusi yang cukup besar untuk perkembangan indeks kepuasan pelayanan haji," kata Lukman.
Menurutnya masukan yang telah disampaikan oleh BPS akan menjadi pegangan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan ibadah haji di tahun depan. Dia mengaku masukan yang diberi BPS pada 2017 telah membantu meningkatkan kualitas haji tahun ini.
Editor: Rahmat Fiansyah