Lagi, Indonesia Kirim Balik 8 Kontainer Sampah ke Australia

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 23:50 WIB
Lagi, Indonesia Kirim Balik 8 Kontainer Sampah ke Australia

Sampah yang direekspor. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia kembali mengirim balik sampah sebanyak delapan kontainer ke Australia. Keputusan ini menjadi komitmen menolak Indonesia dijadikan tempat pembuangan sampah bagi negara-negara lain.

Juru Bicara Bea Cukai Tanjung Perak, Alvina Christine Zebua mengatakan, sampah sebanyak delapan kontainer itu memiliki bobot sekitar 210 ton. Sampah ini merupakan pengembalian terbesar kedua di Surabaya setelah sampah asal Singapura yang sudah dikirim balik.

"Enam kontainer terkontaminasi sampah (berbahaya) dan dua kontainer dicampur dengan sampah rumah tangga dikirim balik," kata Alvina dilansir AFP, Selasa (13/8/2019).

Bulan lalu, Indonesia juga telah mengirim balik sampah dari Australia setelah bea cukai menemukan adanya material berbahaya dan sampah rumah tangga seperti popok bekas dan sampah elektronik. Padahal, seharusnya sampah yang dikirim ke Indonesia hanya kertas saja.

Bulan yang sama, Indonesia juga mengirim balik tujuh kontainer berisi sampah yang ilegal alias tidak sesuai dengan ketentuan ke Prancis dan Hong Kong. Sampah-sampah yang terdiri dari plastik dan material berbahaya tersebut diamankan di Batam, dekat Singapura.

Selain itu, Bea Cukai Batam juga saat ini tengah menyiapkan pengembalian total 42 kontainer sampah, termasuk AS, Australia, dan Jerman.


Editor : Rahmat Fiansyah