LG dan CATL Akan Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik, Bagaimana dengan Tesla?

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 26 Maret 2021 - 17:56:00 WIB
LG dan CATL Akan Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik, Bagaimana dengan Tesla?
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Proses negosiasi pemerintah Indonesia dengan LG Chem Ltd dan Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) untuk industri baterai kendaraan listrik mencapai tahap final. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat, kedua perusahaan dunia tersebut bersepakat menjadi mitra kerja Indonesia dalam ekosistem industri baterai ini. 

Meski begitu, Erick tidak menyebut perusahaan asal Amerika Serikat, Tesla Inc, yang digadang-gadang ikut andil dalam pengerjaan mega proyek Kementerian BUMN ini. Tesla sendiri baru-baru ini dikabarkan lebih memilih berinvestasi dalam pembangunan pabrik mobil listrik di Selatan India, Karnataka. 

"Tadi bahwa kita sudah siapkan partnership dengan dua pemain besar dunia yaitu CATL dan LG," ujar Erick dalam peresmian pendirian Indonesia Battery Holding (IBH) atau Indonesia Battery Corporation (IBC), Jumat (26/3/2021). 

Meski Tesla belum dipastikan akan bergabung, CATL dan LG ikut terlibat dalam proses penggarapan industri baterai kendaraan listrik ini. Dalam proses produksinya, konsorsium BUMN tetap terlibat dari hulu hingga hilir. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2