Menko Airlangga: RUU Ciptaker Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Rina Anggraeni ยท Rabu, 16 September 2020 - 15:45 WIB
Menko Airlangga: RUU Ciptaker Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah menyelesaikan pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Omnibus Law (Cipta Kerja/Ciptaker) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, adanya RUU Ciptaker ini yang disasar adalah penciptaan lapangan kerja, peningkatan kompetensi pencari kerja dan kesejahteraan pekerja, produktivitas pekerja serta investasi.

“Transformasi ekonomi pun diharapkan lahir agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dan mencapai Indonesia Maju 2045 sebagai lima besar negara dengan perekonomian terkuat di dunia,” ujar Airlangga dalam diskusi virtual, Rabu (16/9/2020).

Dia pun juta tengah mengkaji industri yang berorientasi ekspor, substitusi impor, padat karya, padat modal, high-tech dan berbasis digital.

"Diharapkan dengan adanya daftar prioritas investasi ini akan menarik investasi yang bukan hanya besar, tapi juga berkualitas dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” ucap Airlangga.

Dia pun menambahkan, sektor industri manufaktur yang menjadi kontributor terbesar pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami kontraksi tahunan sebesar 6,19 persen yang disebabkan penurunan permintaan dari dalam dan luar negeri.

"Dari sisi pengeluaran, investasi yang tergambar dalam Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mencatatkan pertumbuhan negatif 8,6 persen dibandingkan kuartal II 2019," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk