Menteri Basuki Pastikan PUPR Belum Alokasikan Anggaran Pembangunan Ibu Kota

Djairan ยท Selasa, 07 April 2020 - 20:46 WIB
Menteri Basuki Pastikan PUPR Belum Alokasikan Anggaran Pembangunan Ibu Kota

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Isu ibu kota negara (IKN) baru kembali mengemuka di tengah wabah Covid-19. Pemerintah dinilai tak fokus menangani pandemi virus corona karena masih mengurusi pembangunan ibu kota.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menepis isu tersebut. Dia mengatakan, hingga saat ini pembangunan ibu kota baru belum pernah lagi dibahas.

Basuki mengatakan, anggaran IKN juga belum dialokasikan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR Tahun 2020.

“Pemindahan ibu kota ini kan belum ada UU-nya, jadi belum ada alokasi anggarannya. Kementerian PUPR belum ada kegiatan di program ibu kota negara baru ini” ujar Basuki melalui video conference, Selasa, (7/4/2020).

Kendati demikian, kata Basuki, pemindahan ibu kota adalah proyek jangka panjang. Dia berpendangan tidak mungkin proyek ini dibatalkan. Beberapa desain IKN baru sebelumnya juga sudah selesai.

“Kalau untuk batal menurut saya mungkin enggak ya, yang bisa menunda atau membatalkan itu ya Presiden, karena beliau yang menyampaikan sendiri di depan DPR, kita tunggu saja. Saya maaf tidak bisa menjawab itu” ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah