One Way, Pemudik Bisa Gunakan Akses Keluar dan Rest Area di Kedua Sisi Jalan Tol

Rully Ramli ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 14:33 WIB
One Way, Pemudik Bisa Gunakan Akses Keluar dan Rest Area di Kedua Sisi Jalan Tol

Menteri Perhubungan, Budi Karya saat memantau persiapan kebijakan One Way saat arus mudik Lebaran 2019 di Kantor Jasa Marga Cikarang, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah membuat terobosan dengan menerapkan sistem satu arah (One Way) selama arus mudik Lebaran. Sistem tersebut akan diberlakukan mulai Cikarang hingga Brebes.

Secara spesifik, sistem One Way diterapkan mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama KM 29 hingga GT Brebes Barat KM 263. Sistem itu berlaku pada 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, meski menggunakan sistem One Way dari Jakarta hingga Brebes, pengguna jalan tol bisa keluar di setiap GT yang ada di kedua sisi. Pengelola jalan tol diminta untuk menyiapkan akses jalan bagi pengendara yang ingin keluar tol.

"Satu hal yang penting bahwa dengan diberlakukannya satu arus, tidak berarti hanya bisa keluar di Cirebon semua," ujar Menhub, Minggu (19/5/2019).

BACA JUGA:

Menhub Tinjau Persiapan One Way di Jalan Tol Selama Arus Mudik Lebaran

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mencontohkan, pengguna tol dengan tujuan Majalengka, Palimanan, dan Indramayu bisa keluar di GT Plumbon.

"Kemudian yang mau ke Tasik, Kuningan, Ciamis, Banjar bisa keluar di GT Ciperna Utama. Kalau mau ke Purwokerto, bisa keluar di GT Pejagan,” ujar dia.

 

Akibat kebijakan ini, Menhub mengimbau pengguna dari Jawa Tengah dan Jawa Barat yang akan menuju ke Jakarta pada saat tanggal 30 Mei - 2 Juni untuk menggunakan jalur Arteri Pantura. Jika ingin lewat tol, bisa melakukan perjalanan sebelum dan sesudah tanggal pemberlakuan One Way.

"Polisi sudah kita minta untuk melakukan konsentrasi. Jadi Pemda sudah menghilangkan pasar tumpah, dan mengawasi persimpangan supaya jalur bisa dikendalikan dengan baik. Kalau ada yang ingin mudik dari Semarang ke Jakarta kalau ingin lebih nyaman bisa sebelum tanggal 30 Mei atau setelah itu," tuturnya.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani menambahkan, pengguna jalan tol juga bisa memanfaatkan tempat peristirahatan (rest area) yang ada di kedua sisi jalan tol. Hal ini diharapkan mengurangi kemacetan akibat penumpukan kendaraan di rest area.

"Pada kondisi One Way, masyarakat bisa memakai rest area di kedua sisi. Jadi di sisi jalur A dan B bisa dipakai, dua-duanya mengarah ke timur pada saat mudik," kata Desi.


Editor : Rahmat Fiansyah