Pajak Digital Mulai Berlaku, Apple hingga Google Naikkan Tarif Layanan
Apple bukan satu-satunya yang mulai membebankan biaya pajak baru. Google juga mengumumkan hal serupa kepada pengiklan dalam sebuah pernyataan beberapa hari lalu. Biaya iklan di platform Google Ads akan diperbarui pada 1 November 2020, mengikuti kewajiban pajak digital di Inggris dan Austria.
“Mulai 1 November 2020, biaya pajak digital (digital services tax/DST) di Inggris sebesar 2 persen akan ditambahkan ke faktur atau laporan mutasi pengiklan untuk iklan yang ditayangkan di Inggris Raya. Hal itu didorong oleh pajak digital baru," kata pihak Google kepada pengiklan.
Sebelumnya, pada Agustus raksasa e-commerce Amazon juga mengatakan akan menaikkan biaya pada penjual setelah menyetujui pajak digitalnya dengan pemerintah Inggris. Dengan begitu, maka tarik ulur antara beberapa negara dengan AS perihal nasib pajak digital mulai menemukan titik terang.
Editor: Ranto Rajagukguk