Pemerintah Gelontorkan Rp300 Miliar untuk Pengembangan Vaksin Merah Putih

Aditya Pratama · Kamis, 03 Desember 2020 - 17:41:00 WIB
Pemerintah Gelontorkan Rp300 Miliar untuk Pengembangan Vaksin Merah Putih
Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk mendukung pengembangan vaksin merah putih pada 2021. (Foto: SIndonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk mendukung pengembangan vaksin merah putih pada 2021. Hal ini diperlukan untuk mendukung pengembangan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri tersebut.

"Kalau memang masih ada kekurangan tentunya kami akan mengajukan penambahan. Tapi paling tidak kita siapkan dulu Rp300 miliar untuk memastikan tahapan lab sampai uji klinis bisa berjalan dengan lancar,” ujar Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro dalam video conference, Kamis (3/12/2020).

Bambang menambahkan, target dari pengembangan vaksin merah putih yang saat ini terus dilakukan oleh enam tim pengembang adalah agar dapat terus melahirkan bibit vaksin Covid-19 yang nantinya siap untuk masuk ke industri.

"Karena ini kan sisi penelitian maka produk akhirnya adalah bibit vaksin sekaligus mereka juga ikut mengawal proses di uji klinis di tahapan manusia. Meskipun di uji klinis itu sudah ranahnya perusahaan misalnya Biofarma tetapi tentunya Biofarma akan didampingi oleh yang mengembangkan bibit vaksinnya," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2